Englishpedia

Footer Pages

Rabu, 21 Desember 2022

Begini Pengalaman Tim NAC Fenix Football Academy U12 Selama di Jepang!

Tim U12 NAC Fenix Football Academy bersama para pelatihnya saat di Jepang (NAC)

SOCCERPEDIA - Selama 5 hari berturut-turut (12-16 Desember 2022) NAC Fenix Football Academy berkesempatan untuk berlatih bersama Jef United U12 Elite Team.

Tingginya intensitas latihan tim junior Jef United membuat para pemain NAC Fenix cukup kesulitan untuk beradaptasi.

Kesulitan level latihan nampak terlihat dari demand detail yang diminta saat berlatih, seperti body angle yang benar, mencari space, sampai bagaimana bermain dengan pressing kolektif yang datang beruntun.

Baca Juga: NAC Fenix Fasilitasi 6 Pesepakbola Muda Bermain di Liga Eropa. Siapa Sajakah Mereka?  

Kesulitan lainnya bagi para pemain NAC Fenix juga ditambah dengan kondisi latihan pada suhu udara yang cukup dingin.

Namun demikian, latihan yang dilakukan setiap hari dengan intensitas tinggi tersebut menjadi pengalaman baru bagi para pemain NAC Fenix.

Beberapa input serta kritikan juga masuk untuk NAC Fenix dari Jef United, seperti terlalu lembek dalam berlatih, bahkan diminta untuk tidak segan bermain keras saat menghadapi Jef United.

Baca Juga: SPFA - UNNES: 'Psikologi Seorang Atlet dan Evaluasi Hasil Latihan' 

Perlahan namun pasti, para pemain NAC Fenix pun akhirnya mulai bisa mengikuti tempo latihan Jef United.

Latihan bersama tim NAC Fenix dan Jef United sendiri dilakukan di Jef United Elite cabang Makuhari Hongo.

Networking scouting dari Jef United ini memang sangat luas, karena di Chiba sendiri mereka memiliki banyak training center di bawah naungan langsung dari Jef United, salah satunya di Makuhari Hongo.

Baca Juga: Tahukah Anda Bola Asli Indonesia Ikut Berlaga pada World Cup 2022 Qatar?

Tim U12 NAC Fenix Football Academy bersama dengan para pemain junior Jef United (NAC)

Pada 14 Desember 2022 NAC Fenix juga mendapatkan kesempatan khusus untuk berlatih dengan para pemain pilihan Jef United Elite dari seluruh Chiba.

Selama kurang lebih sekitar 4 jam, para pemain NAC Fenix berlatih bersama tim Elite tersebut.

Beberapa tim lokal di Chiba yang mengetahui kedatangan tim Sepak Bola junior asal Indonesia ini, juga ikut menjajal kermampuan tim NAC Fenix U12.

Baca Juga: 'LaLiga Youth Tournament' Ke-2 Siap Digelar di Malaysia. Best Player Berangkat ke 'LaLiga Camps' di Madrid! 

"Jef United membuat saya bisa lebih mandiri, disiplin, dan tepat waktu. Selain itu, saya juga bisa melatih teknik baru dengan berlatih bersama anak-anak di Jepang," tutur Verscha Alexandrew Dary Muller, pemain NAC Fenix yang masih berusia 11 tahun, dan ikut dalam rombongan ke Jepang.

Sementara itu Rasyiq Hafizh Erlangga mengaku sangat senang dengan kondisi latihan di Jepang.

"Kita dituntut untuk disiplin, serius, tapi tetap harus bergembira, karena banyak game-nya," ucap pemain berusia 12 tahun ini.

Baca Juga: 'Mitra Orphys Sports Clinic' Kini Hadir di RS Mitra Keluarga Cibubur 

Suasana latihan (warming-up) tim NAC Fenix Football Academy saat di Jef United, Jepang.

Beda lagi dengan Dannis Alfarulzi (12 tahun), yang merasa sangat nyaman dengan teman-teman latihannya selama di Jepang.

"Saya suka dengan pelatihannya yang bagus, terus teman-teman latihan dari Jepang juga baik-baik, meskipun keras di lapangan," cerita Dannis penuh antusias.

Baca Juga: 'Soeratin Cup' Ajang Resmi PSSI Menjaring Pemain Sepak Bola Profesional. Ikuti Updatenya! 

"Terlepas dari seluruh kesulitan adaptasi di Jepang, kami tim NAC Fenix cukup mendapatkan pengalaman yang sangat berharga, khususnya lewat gambaran sepak bola level atas seperti di Jepang. Ini yang menjadi alasan Jepang menjadi yang terbaik di Asia soal Sepak Bola," tutur Coach Christian Pradipta  Head Coach NAC Fenix.

Sambutan hangat dari tim Jef United nampak terlihat dari keramah-tamahan serta sharing metodologi pelatihan kepada NAC Fenix selama di Jepang.

Rombongan tim NAC Fenix ini telah bertolak dari Jepang pada Selasa dini hari (20/12), dan tiba di tanah air pada Rabu, 21 Desember 2022.

Baca Juga: 'AYO Arena', Lapangan Sepak Bola Berstandar FIFA bagi Komunitas Sepak Bola Amatir

"Kami banyak mendapatkam inspirasi mahal dari Jepang yang tidak bisa kita dapatkan jika hanya berdiam diri di Indonesia, khususnya bagi para coaches dan para pemain kami," tambah Coach Chris.

Coach Chris yang juga jebolah pelatih berlisensi Jepang ini, juga berjanji akan mengaplikasi hasil kunjungan selama 10 hari ke Jepang tersebut untuk meningkatkan kualitas Sepak Bola NAC Fenix Football Academy.

Mulai 25 Desember 2022, NAC Fenix Football Academy akan memasuki masa break, dan siap kembali ke traning ground Verde Sports Hub di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 pada awal tahun 2023 mendatang. (YUL)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar