Prima Soccer School: 'Selamatkan Sepak Bola Grassroots Melalui Standarisasi'

SHARE:

Tim U13 Prima Soccer School dalam ajang IJL 2021 (Sumber: IJL) IJL 2021 - Keringat anak-anak Prima Soccer School berbuah manis, karena akh...

Tim U13 Prima Soccer School dalam ajang IJL 2021 (Sumber: IJL)

IJL 2021 - Keringat anak-anak Prima Soccer School berbuah manis, karena akhirnya tim mereka berhasil meraih 1 tiket Fase Knock-Out 16 besar dalam laga Indonesia Junior League (IJL) U13 musim 2021.

Sekolah Sepak Bola (SSB) yang digagas pertama kali pada tanggal 5 Agustus 2018 di Jelupang, Serpong Utara, oleh Fankem Thomas ini menjadi salah satu tim yang cukup diperhitungkan oleh tim-tim lain di Group C, dalam gelaran kualifikasi IJL 2021 U13 kali ini. Bukan tanpa alasan, aksi apik anak-anak Prima Soccer School yang memiliki skill cukup merata ini, cukup membuat gentar para lawan tanding mereka pada fase kualifikasi, yang berakhir sebelum break Ramadhan 1442H.

Fankem Thomas sendiri merupakan ex-patriat asal Kamerun, yang pernah berpartisipasi dalam gelaran Jakarta International Football League (JIFL) sebagai Direktur tim untuk negara Kamerun pada tahun 2017 silam. JIFL sendiri merupakan sebuah Liga Sepak Bola yang kerap kali diikuti oleh komunitas-komunitas ex-patriat yang ada di Indonesia.

Fankem Thomas, Founder Prima Soccer School (Sumber: Prima Soccer School)


Berbekal gelar juara dan dengan semangat serta masukan sesama rekannya di JIFL yang juga kebanyakan merupakan ex. Football Players Liga 1 Indonesia, Timnas beberapa negara di Afrika dan Coaches grassroots yang sudah berpengalaman, akhirnya Fankem Thomas ini tergerak untuk ikut mendorong pertumbuhan Sepak Bola pada level grassroots di Indonesia ini, dengan mendirikan Prima Soccer School.

Bersama dengan rekan-rekannya, Fankem Thomas mencoba menanamkan nilai-nilai Sepak Bola yang mungkin cukup unik, sekaligus menjadi jawaban atas ketangguhan anak-anak didik Prima Soccer School ini, selama berlaga dalam IJL musim 2021.

Prima Soccer School mengedepankan konsep Sepak Bola dengan 4 prioritas utama, diantaranya adalah (1) Teknik (Technique), dimana dengan meningkatnya minat Sepak Bola pada usia dini saat ini tidak dibarengi dengan penguasaan teknik-tehnik yang paling mendasar dari bermain Sepak Bola, seperti Passing, Dribbling, Shooting dan lainnya. Diluar itu semua, dan juga tidak kalah pentingnya, Prima Soccer School juga menerapkan disiplin tinggi bagi anak-anak didik mereka dalam melakukan gerakan-gerakan dasar tersebut.

Aksi individual pemain Prima Soccer School dalam laga IJL 2021 (Sumber: IJL)


Prioritas ke-2 yang mereka terapkan dalam mendidik adalah soal Mental (Mindset). Usia grassroots merupakan usia untuk membentuk dasar serta saat yang tepat untuk menikmati esensi dari sebuah permainan Sepak Bola, jadi menang dalam sebuah pertandingan sebenarnya bukanlah sebagai tujuan utama, karena perkembangan anak-anak didik ini menjadi lebih penting dari sekedar kemenangan itu sendiri. Prima Soccer School menempatkan peran orang tua hanya sebagai support dibelakang layar, dan membiarkan anak-anak mereka untuk menyelesaikan sendiri masalahnya dilapangan, dalam rangka pembentukan mental.

Konsep ke-3 yang menjadi keunikan Prima Soccer School adalah soal Game Intelligence, yang sebenarnya sangat krusial dalam bermain Sepak Bola. Seorang pesepakbola profesional tidak hanya dituntut untuk berlari cepat dan akurat dalam menendang bola saja, lebih jauh dari itu mereka juga wajib mengetahui apa saja yang harus dilakukan saat tanpa bola. Game Intelligence ini biasanya menjadi Pekerjaan Rumah (PR) terbesar bagi para pelatih, karena pesepakbola harus bisa berpikir cepat sebelum bola benar-benar mendarat dikakinya. Itulah sebabnya, Prima Soccer School banyak sekali melakukan small side games dalam rangka melatih serta meningkatkan kecepatan para pemainnya dalam berpikir.

Konsep ke-4 atau terakhir yang juga menjadi prioritas para pelatih di Prima Soccer School adalah soal Physical Aspect. Membangun fisik yang baik harus berkorelasi positif dengan nutrisi yang baik pula, karenanya setiap small side games atau sparring, pihak manajemen selalu mendukung nutrisi anak-anak dengan susu dan makanan bernutrisi seimbang, bahkan secara berkala manajemen juga memberikan support susu dan keju bagi anak-anak didiknya. 

Aksi individual pemain Prima Soccer School dalam laga IJL 2021 (Sumber: IJL)


Selain itu dengan mengacu regulasi Federation Internationale de Football Association (FIFA), bahwa anak-anak dibawah usia 13 tahun disarankan untuk berlatih dibawah 6 jam dalam seminggu, termasuk pertandingan, maka Prima Soccer School hanya melakukan latihan sebanyak 2 kali dalam seminggu (Rabu jam 16:00 WIB dan Sabtu jam 8:00 WIB). Latihan fisik anak-anak Prima Soccer School juga diukur, dihitung serta dikontrol langsung oleh Head Coach. Soal ukuran bola juga tidak boleh sembarangan, karena terlalu banyak shooting dengan ukuran bola yang tidak sesuai bisa berdampak fatal dikemudian hari, karenanya ada berbagai macam ukuran bola yang disediakan oleh Prima Soccer School selama berlangsungnya proses latihan mereka.

Pembina Prima Soccer School, Novita, mengungkapkan bahwa: "Saat ini Prima Soccer School telah memiliki member anak-anak didik dengan rentang usia mulai 6-18 tahun, dan pada tahun 2021 ini kami juga berencana akan membentuk tim Divisi-3".

"Tidak ada persyaratan khusus bagi mereka yang ingin bergabung bersama tim kami. Datang tepat waktu, siap secara fisik maupun mental, itu saja! Sementara itu, bagi orang tua, kami berharap bisa komit dengan aturan-aturan yang diterapkan oleh manajemen," ungkap Novita.

Aksi individual pemain Prima Soccer School dalam laga IJL 2021 (Sumber: IJL)


"Buat kalian yang memiliki skill, komit dan bisa mengikuti aturan Prima Soccer School, namun tidak memiliki kemampuan secara financial bisa tetap ikut berlatih kok! Bahkan hampir sekitar 30% dari anak-anak didik kami tidak dibebankan biaya latihan," tambah Novita, wanita yang bertanggung jawab penuh atas tim ini.

Prima Soccer School juga tidak hanya aktif mengikuti kompetisi di dalam negeri, seperti IJL, Liga Asosiasi Kota (Askot) Tangerang, dan berbagai kompetisi lokal lainnya. Mereka juga tercatat menjadi salah satu peserta tetap Kuala Lumpur Cup di Malaysia, bahkan beberapa negara Asia, Australia dan Eropa juga sempat meminta mereka untuk join dalam kompetisi-kompetisi bertaraf internasional. Segera setelah CoVID-19 mereda mereka memastikan untuk ikut berkompetisi kembali di salah satu negara tersebut.

"Kami cukup selektif untuk mengikuti sebuah kompetisi, karena kami lebih mengutamakan kualitas ketimbang kuantitas. Untuk usia dibawah 13 tahun, standar maksimum pertandingan tidak boleh melebihi 35 jam per tahun, karenanya kompetisi IJL sangat sejalan dan memenuhi kriteria kami. Soal pemain, selama mereka bisa komit terhadap aturan internal kita, pasti memiliki peluang yang sama untuk bermain" sambung Novita.

Para pemain Prima Soccer School sedang melakukan training (Sumber: Prima Soccer School)


Para pelatih Prima Soccer School juga bukan asal comot, mereka adalah para pelatih bersertifikasi resmi level Asian Football Confederation (AFC) atau AFC - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Sementara itu jajaran manajemen dan pembinanya juga tidak sembarangan, beberapa orang diantara mereka merupakan pelatih Timnas Singapore dan pelatih-pelatih yang memiliki sertifikasi Union of European Football Associations (UEFA) A yang ikut mensupport sebagai advisor jika diperlukan oleh manajemen untuk memberikan saran serta masukan bagi kemajuan Prima Soccer School.

Networking serta akses Prima Soccer School juga terbilang cukup luas, bahkan hingga keluar negeri. Saat ini mereka juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa Football Academy diluar negeri, guna menampung para talent berbakat yang dimiliki oleh Prima Soccer School.

Menanggapi soal kendala dalam melakukan pengembangan dan pembinaan Sepak Bola pada level grassroots, Novita mengungkapkan: "Sulit menanamkan ideologi Sepak Bola secara bersama-sama, karena masih belum adanya aturan yang baku dan jelas, terkait dengan SSB dari Pemerintah/ PSSI. Akibatnya, banyak bermunculan kompetisi grassroots tanpa standarisasi yang jelas, parahnya lagi anak-anak justru lebih senang ikut kompetisi ketimbang latihan. Dampak lebih serius lagi, anak-anak tersebut biasanya akan bermain melebihi kapasitas jam standar sesuai kemampuan di usia mereka, dan saat nantinya menginjak usia matang 16 tahun, banyak dari mereka yang justru mengalami cedera serius, bahkan terpaksa harus menghentikan karir mereka dalam Sepak Bola. Sadar tidak sadar, itulah fakta yang terjadi saat ini dalam perkembangan Sepak Bola level grassroots di Indonesia, dan kami di Prima Soccer School cukup berperan aktif untuk mengkampanyekan hal-hal tersebut melalui jalur Askot Tangerang," kritik Novita.

Parents Prima Soccer School yang selalu siap mensupport tim (Sumber: Prima Soccer School)


Ironis memang, Sepak Bola level grassroot Indonesia banyak memenangkan kompetisi-kompetisi internasional diberbagai negara, namun saat mulai menginjak usia matang 16 tahun keatas, malah sepi prestasi. Butuh kerjasama para stakeholders memang, dan terus menekankan bahwa pembinaan pada usia grassroots harus dilakukan dengan benar dan dengan standarisasi yang benar pula.


Perkembangan Sepak Bola pada level grassroots faktanya memang akan sangat memprihatinkan jika terus membiarkan hal-hal tersebut terjadi. "Tidak hanya bertanding dan sekedar menang saja, standarisasi SSB harus menanamkan nilai-nilai pembinaan untuk pengembangan dasar-dasar Sepak Bola itu sendiri. Shin Tae Yong adalah salah satu contoh pelatih berkelas internasional yang kita miliki saat ini, dan sangat paham serta cukup mempertimbangkan hal-hal tersebut." tutur Novita lagi.

Menyoal peran serta Prima Soccer School dalam ajang IJL musim 2021 ini, Novita kembali menyampaikan: "Hingga saat ini, kami merasa bahwa IJL adalah kompetisi level grassroots paling elit, karena komitmen mereka soal jadwal tanding, dan kualitas lapangan. Terbukti dengan ditundanya beberapa laga akibat kurang layaknya kondisi lapangan saat cuaca buruk. Selain itu media IJL juga sangat terbuka, bukan hanya mengejar profit semata," ungkap Novita.

Tim Prima Soccer School dalam ajang Kuala Lumpur Cup, Malaysia (Sumber: Prima Soccer School)


"Kami juga sangat mengapresiasi Chief Executive Officer (CEO) IJL, Rezza M. Lubis, yang sangat terbuka untuk menerima berbagai masukan dari para peserta, termasuk kami di Prima Soccer School. Kami berharap kedepannya juga ada review soal aturan joker, karena terlalu mendominasi jalannya kompetisi. Pengalaman kami, tidak satupun menurunkan joker sepanjang kompetisi IJL, artinya hal ini juga bisa dilakukan oleh tim-tim peserta IJL lainnya. Tujuannya agar para pemain juga bisa lebih percaya diri akan kemampuannya dan tidak tergantung dengan joker-joker tersebut, mungkin sudah saatnya menggelar IJL dengan kategori baru, yaitu U15, agar para joker-joker tersebut bisa tetap mendapatkan tempat sesuai kategori usia mereka di IJL musim-musim mendatang," pungkas Novita melanjutkan. 

Soal publikasi media, Novita sempat menyampaikan pendapatnya agar media lokal bisa berperan lebih aktif lagi dan juga bisa menyampaikan publikasi secara lebih obyektif, mengingat Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat berpengaruh dari sisi online dan social media, jadi mengedepankan berita atau publikasi hal-hal yang positif terhadap perkembangan Sepak Bola grassroots di Indonesia, tentunya akan membawa dampak positif bagi Sepak Bola bangsa kita dimata internasional. Selain itu memperbanyak melakukan interview dengan para pelaku Football Industry profesional juga bisa membawa dampak positif bagi perkembangan Sepak Bola grassroots kita dimasa-masa yang akan datang.

"Harapan kami di Prima Soccer School, agar anak-anak didik kami kelak bisa tampil lebih percaya diri dan bisa mewujudkan cita-cita mereka semua untuk menjadi pemain profesional, baik didalam maupun diluar negeri. Selain itu kami juga berharap agar Sepak Bola Indonesia ini bisa menerima kritikan secara terbuka dari para profesional terkait, dan tidak mengedepankan sikap fanitisme, agar atlet-atlet muda kita bisa memiliki ruang gerak yang lebih luas lagi, untuk kemajuan Sepak Bola Indonesia di masa-masa yang akan datang!" Tutup Novita kepada SOCCERPEDIA.id.

Coaches, Manajemen, dan para Pemain Prima Soccer School (Sumber: Prima Soccer School)


Menarik ya guys, begitu banyak insight yang bisa kita dapatkan dari hasil interview dengan pihak Prima Soccer School ini, salah satu peserta IJL U13 yang tengah mempersiapkan laga 16 besar mereka dalam waktu dekat. Buat kalian yang tertarik join dan butuh informasi lebih detail lagi, bisa menghubungi lebih lanjut data-data sebagai berikut:

Prima Soccer School:

Basecamp latihan: Lapangan Sepak Bola "Hassan Ryka Jelupang", Jl. Griya Asri, Jelupang, Serpong Utara, Tangerang. Official Website: www.primasoccershool.id, Official Social Media (IG dan FB): primasoccerschool, Admin: 082210003063 (Budi), Penanggung Jawab: Novita MI.

Kita tunggu saja aksi-aksi apik dari para Junior Football Players Prima Soccer School ini dalam laga lanjutan Fase Knock-Out 16 besar IJL U13 musim 2021 ya guys! Don't miss it then! (Author: Yul)



SOCCERPEDIA.id - all things about soccer
(kanal berita kekinian dengan sudut pandang jaman now) 

COMMENTS

Nama

1st Anniversary,1,2019 - Rick's Sayati Cup VI,11,2019 - Suratin Cup U17,2,2019 Global Yanggu Asian Youth Soccer Club Invitation Competition,6,2019 Youth Soccer Club Invitation Competition,2,2019 Youth Soccer Club Invitation Competition @Korea Selatan,1,2020 - BJB Jatinangor Piala Liga Anak Bandung,3,2020 - Haisi Youth Football Classic (China),3,2020 - Palembang Community League (PCL),5,2020 - Piala Kemerdekaan U14,6,2020 - Prioritas Mini Soccer Seth Sport PCL Cup,1,2020 - Samarinda Premier League,6,2020 - WFS Africa (Durban),4,2020 - WFS LIve,3,2020 - WFStartCup by GSIC,1,2020-Launching Jersey,1,2020-Summer Cup,1,2020-WFS Live,1,2020-WFS Live Powered by R9,5,a,1,AD Alcorcon,1,Adhytra Cipta Rahmadhana,1,Adidas,1,Aditya Adandi,1,AFC,2,AFC-U23,3,AFF Championship U18,1,AFF CUP U15,2,Agung Sedayu Group,1,AIA Elite Football,2,AIA100talents,1,Ajang Silaturahmi,1,Ajang Trofeo WYU,1,Akademi Persib,1,Akademi Persib Kuningan,1,Akademi PERSIB U-11,1,Akademi Sepak Bola,1,Akademi Sepak Bola Asiop,1,Ali Bagus,1,Alkanara FC,1,All Star PCL,1,All Things About Soccer,2,Allianz Explore Camp 2019,1,AllianzExplorerCamp2019,4,AllianzInsurance,1,Amerika Serikat,1,Andik Vermansah,1,Andika Ricky Santoso,1,Angkasa Pura II Fun Football,1,Arema,1,Arema FC,2,Arete Sepak Bola,1,Argentina,1,Armony,1,Armony Limited,1,Armony Sports,2,Arsenal FC,1,AS Roma,1,Asep Nugraha,3,Ash Hashim,1,Asia Football School,2,ASIOP Football Academy,2,Askot Jaksel (Liga Selatan),3,Askot Jaksel (Liga Selatan) U-18,2,Askot Jaksel,1,Ataque Elite Esports Squad (AEES),1,Ataque Soccer School,11,Atletico Madrid,1,Audisi Sepak Bola,1,Australia,1,Ayo Arena,1,Ayo Indonesia,6,Bacalon Pengurus PSSI 2019-2023,1,Bakom Selection FC,1,Baku Olympic Stadium,1,Bali United,2,Bambang Pamungkas,1,Bandung Genetic Football,1,Bandung Premier League,15,Bandung Premier League - Liga 2,8,Bandung Premier League - Season 4,3,Bandung Premier League - U16,2,Bandung Premier League - X17FC,5,Bandung Premier League Game Week 3,1,Bandung United,1,Bank BJB,1,Banten Football League (BFL),5,Barca Wonder Kid (Takefusa Kubo),1,Barito FC,9,Barito FC Pasir Bunut,18,Barli fC,3,Batalyon Arhanud 1 (BSD),1,Batavia Youth League,3,Bayern Munchen,1,Bayu Saptaji,1,BDG Genetic Football,1,Bebera Cup,2,Bedebah FC,1,Best Player of The Year EUFA - Virgil,1,Bhayangkara SFC,2,BJB Cup,1,BJB Soccer Festival 2022,1,Black Sweet,1,Blackburn Rovers,1,Bogor Champioj League,1,Bogor Champion League (BCL),1,Bola Al Rihla,1,BPIP,1,BPL Angels,1,Brawlers Apparel,5,Brawlers Boy FC,9,Brazil,1,Bromolathi (Pusat Studi Sepak Bola Nusantara),1,BungKus,1,BungKus-Mohamad Kusnaeni,1,BWS FC,1,Camp Saw FC,1,Carlos Melgares Varon,1,Casual FC,1,Champion League,3,Champion Women's World Cup 2019,1,Charlie Crawford,1,Chelsea,2,Chelsea FC,5,Chiliz - FC Barcelona,2,Christiano Ronaldo,1,Cifas FC,2,Cilamba FC,1,CISS-Soccer Skill,2,CISS-Soccerskill,4,Citra Raya Soccer Camp16,2,Closing Cereminy Liga Lapangbola,1,Club Barcelona,1,Coach Adi Suryadi,1,Coach Christian "Nacho" Pradipta,2,Coach Indra Safri,1,Coaches Across Continents (CAC),1,Coaching Clinic,2,Coaching Clinic EDF LaLiga Academy,1,Coaching Clinic Ucam-Ataque,1,Concave,1,Copa America,2,Copa Amerika,1,Copa Lapangbola,1,Copa Selatan,1,Coppa Bandung Family Football,4,CR7 vs Messi,1,Cristiano Ronaldo,1,Crystal Palace,1,Darmaraya Club,1,DCT-Indonesia (Kejurnas Sepak Bola) U-11,2,DCT-International Youth Football Tournament China,7,Dede Rony,1,Demas,1,Diaspora Tangerang Selatan,1,Diklat Sepak Bola Imran Soccer Academy,1,Dimas Drajat,1,DKRC Fusion,1,Dolphin FC,1,Doni Setiabudi,5,Duniapedia,45,E. Wiwi Martawijaya,1,Early Mahardika,1,Ebru Koksal,1,Eden Hazard,2,EDF LaLiga,2,Eintracht Frankfurt,1,English Duniapedia,1,English Premier League,5,Englishpedia,31,Erga Omnes FC,1,Erick Thohir,1,Esti Puji Lestari,2,EUFA Champion League,1,EUFA Europa League,1,EUFA Nation League,1,Ex. Daras FC,2,Expose Football Club,8,Fadly Idris,3,Famili Cup 5,2,Famili Cup U-20,3,Fans,1,FC Barcelona ($BAR) Fan Token,2,Febri Wardana,1,Festival Nasional ASSBI (U14),1,FIFA,4,FIFA World Cup U20 - Indonesia,2,Final,1,Final EUFA Europa League,1,Final Liga Ayo,1,Final Liga Ayo Bali 2019,1,Final Liga Ayo Tangerang,2,Final Nasional DCT Cup 2020,1,Final Nasional DCT-Indonesia U-11,1,Final Piala Presiden 2019,1,Firman Utina 15 Football Academy,1,Football For Peace,4,Football Industry,8,Football Opportunity,1,Football Summit Asia 2019,1,Football Technology,1,Forward Sports Events,1,Fourfeo,1,Fourfeo Patriot,1,Free Trial,1,Friendly Match,13,Friendly Match Trofeo Kemerdekaan,1,Fun Football,1,Fun Football & Training,1,Futbol Clinic,2,Futbolita.com,1,Futsal,3,Gagak Muda,1,Galados ITB,1,Garuda Muda,2,Garuda Soccer school,1,Garut Community Football League (GCFL) 2019/ 2020,1,Gathering 2019 - UCAM Indonesia Football Academy,1,GBK,1,Gianni Infantino,2,Go Public,1,Golazo League Championship 2019,1,GOR Sunter,1,Gothia Cup 2019,2,Gothia Cup China,3,GP Anshor,1,Grand Final Pertamax Liga Ayo,2,Grass Root,1,Grassroot Level,3,Grassroot Level Competition,3,Haisi Youth Football Classical,1,Harry Widjaja,1,Hermansyah,1,Honey Thaljieh,1,HUT RI 74 - Merdeka Cup 2019 7s,3,HUT RI 74 - Sepak Bola Merah Putih,1,HUT RI Ke-74,1,IDCT Cup 2020,1,IEFTL Season 2,1,IJL 2021/ 2022,1,IJL Musim 2022,1,IJL U11,1,Ikatan Alumni Teknik Unhas,1,Ikatan Mahasiswa Olahraga Indonesia (IMORI),5,Independen FC,1,Indonesia,2,Indonesia Junior League,1,Indonesia Junior League (IJL),27,Indonesia Muda Utara,1,Indonesia VS Malaysia,1,Indonesia VS Singapura,1,Indonesiapedia,120,Inrernational Woman's Day,1,International,9,International Champions Cup (ICC),1,International Friendly Match,1,Introduction,1,ISA,1,Jaino Matos,1,Javier Tebas,2,Jaya Bhakti FC,1,JCC E-Sports,2,JCICB. Copa Lapangbola,1,Jef United Jepang,1,Jerman,1,Jordan,1,Joseph Ferguson Simatupang,1,Jugador CF,1,Junior Berbakat,1,Junior Soccer Player,3,Jurgen Kloop,1,Kalibata FC,2,Kanal Berita,1,Kang Jalu,1,Kejora International Challenge 2020,1,Kekinian,1,Kemenpora,1,Khair Rifo,1,KJRI RI Guangzhou,1,Klubpedia,126,Komentator Sepak Bola,1,Kompas FC,1,Kompetisi Sepak Bola,1,Kongres FIFA ke-72,1,Kongres PSSI,2,Kuala Lumpur,3,Kuala Lumpur Cup,2,La Liga,3,La Liga Legends,1,Laga Ujicoba Sriwijaya FC,3,LaLiga,1,LaLiga Camps Madrid,1,LaLiga Youth Tournament,2,Lapangan Sepak Bola Lamping Cariang,1,Lapangbola.com,3,Laskar Barubeuanang,2,Launcing Jersey,1,LBFF,1,Liciouz FC,1,Lifeboys Football Club,1,Liga 1,2,Liga 1 - Samarinda Premier League,1,Liga 1 Shopee,1,Liga 2,1,Liga 3,1,Liga Amatir,1,Liga Anak Bandung,2,Liga Askot Jaksel (Liga Selatan),2,Liga Ayo,4,Liga Ayo 2019,3,Liga ayo Bali,1,Liga Ayo Jakarta,4,Liga Bandung Famili Football (LBFF),11,Liga Bandung Famili Football (LBFF) - Season 2,1,Liga Champion,1,Liga Darma,4,Liga Darma Kuningan,7,Liga Desa Nusantara 2019,1,Liga Eropa di Bosnia,1,Liga Komunitas,1,Liga Lapangbola,18,Liga Lapangbola Season 2,12,Liga Lapangbolaa,1,Liga Selatan U-13 (Divisi II),1,Liga Semi-Profesional BPL,1,Liga TopSkor,1,Ligapedia,130,Lionel Messi,2,Lionel Scaloni,1,Lions Soccer Academy,1,Liverpool,6,Lutfi Zulkifli,1,Luthfi,1,Lyon,1,M'Private Soccer School,1,Madiun,1,Madura United FC,1,Malaysia,3,Manajemen Kompetisi (MK),1,Manchester City,1,Martin Gaston Demichelis,1,Mayang Putra,2,Mbappe,1,Medan Premier League,4,Mega Kuningan FC,1,Merdeka Cup 2019 7s,1,Metro Kukusan,1,Michael Jantzen,1,Miguel Angel Gil,1,Mobile Photography,1,Mohamad Kusnaeni,2,MOSC,1,Motokuyjek,1,MOU PP Muhammadiyah dan Uni Papua FC,1,MoU UCAM Indonesia Football Academy - Santomera C. F.,1,Muhammadiyah,1,Mulyadi,1,NAC Fenix,2,NAC Fenix Football Academy,2,NAC Strata Asia,4,National,7,NBC Larsel,1,New Stadium,1,News,1,North Blue FC,1,Opening Ceremony,2,ORPHYS,1,Padang,1,Padang Development Cup,6,Padang Development League (PDL),1,Padang Tourism Cup,1,Palembang Community League (PCL),2,Partnership,1,Pasundan FC,1,Pegiat Olahraga Cedera,1,Pembinaan Usia Dini,1,Persebaya,2,Persema Malanggetan,1,Persigul FC Gunung Luhur,1,Persigul Gunung Luhur,4,Persija Barat FC,6,Persija FC,1,Persija Glory 2001,2,Persija Jakarta,1,Persijap Jepara,2,Pertamax Liga Ayo Jakarta,2,Pertamax Liga Ayo Mini Football Tangerang 2019,1,Piala Bupati Lampung Selatan,2,Piala Dunia U17 2023,1,Piala Dunia U20 2023,1,Piala Gubernur Jabar,1,Piala Indonesia 2019,1,Piala Menpora 2021,1,Piala Presiden,2,Piala Presiden 2019,1,Piala Suzuki AFF 2020 Singapura,1,Portas FC,1,Portugal,1,Prelaunch,1,Prima Soccer School,1,Profilpedia,29,PS Barito Putera,1,PSAD Brawijaya,1,PSG,1,PSG Pati,1,PSMS Medan U-14,2,PSPG,1,PSS Sleman,1,PSSI,6,Putra Bangsa FC Cirendang,1,Putra Bengawan,1,Putra Sinar Giri,1,Quiz Ramadhan,1,Rahmatullah,1,Raksa Manggala FC,1,Real Madrid,2,Referee,1,Rezza M. Lubis,7,Rezza Mahaputra Lubis,1,Rizal Moniegan,1,RMC Salawasna FC,2,Roma Club Indonesia (RCI) Bogor,4,Ronaldo,1,Royal City FC,1,RS Mitra Keluarga Cibubur,1,Rudial Fahmi,1,Rudy Eka Priyambada,1,Safin Pati Football Academy (SPFA),4,Said Kosim,1,Saiful Arifin,1,Saint Prima,1,Sambill Park,1,Segunda Division,1,Sekolah Sepak Bola,2,Seleksi Timnas U16,2,Seleksi Timnas U19,1,Seleksi U14,1,Seleksi U16,1,Sepak Bola,2,Sepak Bola Amatir,71,Sepak Bola Grassroot,2,Sepak Bola Grassroots,16,Sepak Bola Pancasila,1,Sepak Bola Profesional,1,Sepak Bola Putri,1,Sepak Bola Usia Dini,1,Sepak Bola Wanita,3,Sepakbola Amatir,7,Shin Tae-yong,1,Simson Rumahpasal,1,Singapura,1,Soccer Player,4,Soccerpedia,18,SOCCERPEDIA.store,1,Socios.com,2,Soft Opening NAC Fenix,1,Sompo,1,Sompo Women's Football Coaching Clinic,1,Sport Tourism,1,Sriwijaya FC,1,SSB,2,SSB Angkasa Husein Bandung,3,SSB Darma Sakti,4,SSB Garuda Junior,1,SSB Mahesa United,1,SSB Rick's Sayati,4,SSB Surya Bakti,1,SSB Turangga Sakti,1,SSB Undip,1,SSB World Young United,1,SSP Putra Sejati,1,Stadion Kanjuruhan Malang,1,Subur FC,2,Suratin Cup 2021,1,Syaiful Arifin,1,Talent Squad,1,Tangerang Premier League (TPL),1,Taufik Jursal Effendi,4,Thailand,1,Tia Herfiana,1,Tim Pelajar U16 Indonesia,1,Timnas Argentina,1,Timnas Brunei,1,Timnas Indonesia,5,Timnas Indonesia U15,2,Timnas Indonesia U18,1,Timnas Pelajar Indonesia,7,Timnas Pelajar U-15,1,Timnas U16,1,Torneo Kemerdekaan,1,Tottenham Hotspour,2,Tottenham Hotspur,4,Transfer,1,Transfer Pemain,2,Transfer Window,1,Triyanta,1,Trofeo Cup Duduluran,1,Trofeo Cup Galapuri,1,Trofeo Cup Jakarta,1,Trofeo IJL,1,Trofeo RMC,1,Try Joko Susilo,2,Tunas Rifo,1,U-12,1,U12,1,UCAM Futbol Clinic,3,UCAM Indonesia Football Academy,28,UCAM Indonesia Football Academy U-12,5,UCAM Indonesia Football Academy U-18,1,UEFA Europa League,2,Unge,1,Uni Papua,2,Uni Papua FC,9,United Cup,2,Universitas Negeri Semarang (UNESA),1,USA,1,Vamos Indonesia,1,Vanuatu,1,Venezuela,1,Vietnam,1,Wanacala FC,1,Wanasaba FC,1,Warta Kota,1,Washiyatul Akmal,1,Wasit,1,Welcome FC,2,WFS Asia,8,WFS Europe,2,WFS Europe 2021,1,WFS Industry Awards,1,WFS Live,3,WFS Live Powered by R9,1,WFStartCup,2,Where The Football Industries Meets,4,White Heart lane,1,Willy Preman Pensiun,1,Woman Futsal UPI,1,Woman in Football Industry,2,Women Football Network,1,Women in Football,1,Women's World Cup 2019,2,World Cup 2022 Qatar,2,World Cup 2034,1,World Football Summit,11,World Football Summit Asia 2019,5,World Young United (WYU),12,www.asiaunitedfc.com,1,X-BE FC,1,X-Man Kuningan FC,1,X17 FC,7,X17FC,3,Yepe Family FC,3,Yepe Family FV,1,Young Warrior,1,Young Warrior Football Academy,1,Youth Players J-League,1,Yulyanto,1,Zaman Now,1,Zenith Apparel,1,Zidane,1,Zuchli Imran Putra (ZIP),1,
ltr
item
SOCCERPEDIA.id: Prima Soccer School: 'Selamatkan Sepak Bola Grassroots Melalui Standarisasi'
Prima Soccer School: 'Selamatkan Sepak Bola Grassroots Melalui Standarisasi'
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgSHycNswVnFLVf_nTXTuGKZHiAbQsv-agrjsd0wh9lXtRKEUSauZPrh5r0UE1L_LMvqR2qmpXqPL-c7jw_uXetAR4Xxv-8kYYhiBaYUjWyoNGwg7bGrMD-BAARw9s8VPpw3O-RJTlj2JA/s320/IMG-20210502-WA0004.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgSHycNswVnFLVf_nTXTuGKZHiAbQsv-agrjsd0wh9lXtRKEUSauZPrh5r0UE1L_LMvqR2qmpXqPL-c7jw_uXetAR4Xxv-8kYYhiBaYUjWyoNGwg7bGrMD-BAARw9s8VPpw3O-RJTlj2JA/s72-c/IMG-20210502-WA0004.jpg
SOCCERPEDIA.id
https://www.soccerpedia.id/2021/05/prima-soccer-school-selamatkan-sepak.html
https://www.soccerpedia.id/
https://www.soccerpedia.id/
https://www.soccerpedia.id/2021/05/prima-soccer-school-selamatkan-sepak.html
true
7491843711879331828
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy