Try Joko Susilo: "Liga Selatan 2020 di Era New-Normal, Sulit di Lanjutkan!"

SHARE:

Try Joko Susilo, Ketua Umum Askot PSSI Jakarta Selatan (Sumber: Koleksi Pribadi) JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Kota ( Askot ) Persa...

Try Joko Susilo, Ketua Umum Askot PSSI Jakarta Selatan (Sumber: Koleksi Pribadi)

JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Kota (Askot) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Jakarta Selatan, sekaligus merupakan Operator Liga Askot PSSI Jakarta Selatan atau yang lebih populer dengan sebutan "Liga Selatan", Try Joko Susilo, masih belum bisa memastikan kapan Liga Selatan akan kembali digulirkan.

Seperti diketahui, Liga Selatan yang baru bergulir 2 (dua) pekan pada bulan Maret 2020 lalu, terpaksa harus tertunda akibat mewabahnya Pandemi CoVID-19. Bergulirnya kembali kompetisi berjenjang ini tentu saja sangat dinantikan oleh seluruh klub pesertanya, namun tindakan pencegahan serta antisipasi dari pihak operator akan menjadi pertimbangan utama dilanjutkan atau tidaknya Liga Selatan pada tahun 2020 ini.

"Sampai saat ini Askot Jaksel masih belum melakukan kesepakatan dengan seluruh peserta anggota Sekolah Sepak Bola (SSB) untuk kelanjutan kompetisi Liga Selatan. Selain masih belum mendapatkan izin dari Sudinpora Jakselpihak Askot Jaksel sendiri sementara ini masih menunggu dan mempelajari update serta kebijakan penggunaan lapangan Sepak Bola dari pihak Dispora DKI dan Kemenpora. Hal-hal teknis lainnya, khususnya terkait dengan aturan Social Distancing saat di lapangan, sepertinya juga masih sangat sulit untuk di-aplikasikan dalam kegiatan Sepak Bola di era New Normal nanti, dimana sentuhan fisik antar para pemain tentu saja tidak bisa terhindarkan", ujar Try.

Try Joko Susilo, saat Copa Selatan 2019 (Sumber: Official Instagram Askot PSSI Jakarta Selatan @askotjaksel)

Try yang juga merupakan Ketua Umum Klub Persatuan Sepak Bola Jakarta Selatan (PSJS) ini kemudian melanjutkan: "Tertundanya Liga Selatan 2020 untuk seluruh kategori (U13, U15, U17 dan U19) yang saat ini terbagi menjadi 2 (dua) divisi dengan total jumlah mencapai 1.099 pertandingan, yang rencananya akan diselesaikan dalam waktu 32 minggu, adalah salah satu fakta sulitnya meneruskan kembali kompetisi ini, apalagi dengan kondisi saat ini yang relatif masih belum stabil. Sebagai langkah contigencies di luar program, Askot Jaksel akan melakukan antisipasi jika kegiatan kompetisi ini dibatalkan. Sebagai gantinya, kami akan menjalankan turnamen "Copa Selatan" untuk kategori yang sama, dengan catatan kondisi Pandemi CoVID-19 di wilayah DKI-Jakarta semakin membaik, sehingga pada bulan Agustus 2020 mendatang kami sudah bisa menggunakan lapangan Sepak Bola milik Pemda".

Beberapa waktu yang lalu, saat gelaran perdana divisi 2 Liga Selatan U13 bergulir di Lapangan Sepak Bola Kebagusan, Jakarta Selatan (15/3), kepada SOCCERPEDIA.idTry Joko Susilo juga sempat menyampaikan beberapa informasi terkait dengan gelaran Liga Selatan.

"Sedianya Liga Selatan ini memiliki home base di Lapangan Blok S yang baru saja selesai di renovasi pada akhir tahun 2019 lalu oleh Pemda, namun karena satu dan lain hal lapangan yang juga sengaja didedikasikan untuk klub PSJS ini kembali mengalami kerusakan, setelah selama beberapa minggu resmi dibuka dan dipakai untuk umum, akibatnya lapangan kembali ditutup hingga akhir Maret 2020 lalu, bersamaan saat Pandemi CoVID-19 mulai mewabah di Indonesia", ungkap Try.

Kondisi Lapangan Sepak Bola Blok S, setelah selesai di Renovasi (Sumber: SOCCERPEDIA.id)

Liga Selatan sendiri akhirnya harus mengalah dan untuk sementara waktu memindahkan beberapa lokasi kompetisi ketempat lain, sambil menunggu proses renovasi yang dijadwalkan selesai pada akhir April 2020. Sayangnya, baru pekan ke-2 Liga Selatan berjalan, dan belum sempat merasakan kompetisi di Lapangan Blok SPandemi CoVID-19 memaksa mereka untuk menghentikan segala aktivitasnya untuk sementara waktu.

"Melihat contoh kasus yang terjadi pada Lapangan Blok S, dimana hanya dalam waktu beberapa minggu saja kembali mengalami kerusakan, khususnya pada area rumput naturalnya. Rasanya memang yang paling ideal di Jakarta ini adalah dengan menggunakan rumput jenis sintetis. Selain lebih aman, penggunaan rumput jenis sintetis juga lebih mudah dalam hal maintenance dan pastinya juga lebih awet untuk digunakan", lanjut Try menambahkan.

Pria yang akrab di sapa "Pak Try" oleh timnya ini, juga sempat menceritakan pengalamannya selama mengelola kompetisi Sepak Bola dengan cara swadaya yang dirasakan masih kurang efektif. "Saya berharap bisa melakukan kerjasama dengan pihak-pihak lain yang bisa memberikan dukungan bagi perkembangan Liga Selatan ini", ujarnya.

Try Joko Susilo beserta tim Askot Jaksel saat Copa Selatan 2019 (Sumber: Koleksi Pribadi)

Try juga mengungkapkan: "Saat ini dikalangan pemerintahan masih belum bisa melihat potensi dan memahami dengan baik, bahwa Sepak Bola telah menjadi sebuah industri. Konsekuensinya sarana dan prasarana, termasuk infrastruktur Lapangan Sepak Bola yang ideal dan standar menjadi sangat mutlak diperlukan, tentu saja dalam upaya menarik minat pihak swasta dan industri-industri yang terkait didalamnya. Hal ini sangat diperlukan untuk menutupi kebutuhan kompetisi, apalagi program pembinaan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karenanya kolaborasi antara Federasi Sepak Bola, Pemda, Sponsor (Swasta) serta masyarakat dan pihak-pihak yang terkait lainnya menjadi sangat diperlukan untuk menghasilkan industri Sepak Bola yang lebih mandiri"
.

"Saya selalu menghimbau kepada Pemda, dalam hal ini Jakarta Selatan, agar pembangunan sarana dan prasarana bisa lebih diprioritaskan, terutama untuk proses pembinaan Sepak Bola. Untuk menunjang kegiatan kompetisi dan menghasilkan pemain-pemain terbaik sangat dibutuhkan sarana dan prasarana, khususnya lapangan Sepak Bola yang dapat digunakan secara marathon, tidak selalu terkendala dengan masalah cuaca dan kegiatan-kegiatan lainnya. Tanpa dukungan pemerintah, kerja keras ini akan menjadi mubazir dan percuma saja, karena Sepak Bola tidak hanya mencari bakat pemain dan tim juara saja, hal yang jauh lebih penting adalah bagaimana menciptakan masyarakat serta generasi muda yang sehat mental dan jasmani, agar bisa menjadi kekuatan serta tulang punggung bagi keluarga, masyarakat dan negara, dan tentunya juga bisa terbebas dari dampak negatif kehidupan Ibukota saat ini", ujar Try menutup wawancara.

Askot Jaksel sendiri, saat ini telah memiliki database pemain dari seluruh anggota yang terdaftar dan hingga saat ini masih aktif mengikuti kompetisi yang telah digelar sejak tahun 2018 lalu. Setiap pemain yang terdaftar dalam kompetisi ini, wajib mengikuti screening kelengkapan administrasi termasuk sesi wawancara. Sementara itu biodata pemain langsung di input kedalam website resmi Liga Selatan untuk menjadi database pemain. Saat ini, untuk sementara waktu telah terjadi mutasi database para pemain, yang semula dari website dipindahkan ke instagram, hal ini terpaksa dilakukan karena pihak Askot Jaksel terkendala soal biaya maintenance server.

Try Joko Susilo (Jas Abu-abu), saat Pelantikan dan Rapat Kerja Asosiasi PSSI Provinsi DKI Jakarta 2018 (Sumber: Koleksi Pribadi)

Sementara itu, statistik penambahan anggota dan jumlah pertandingan Liga Selatan dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun terakhir ini bertambah sangat signifikan. Pada tahun 2018 tercatat hanya sekitar 350 pertandingan, kemudian meningkat menjadi sekitar 650 pertandingan ditahun 2019, dan pada tahun 2020 ini sudah direncanakan akan menjadi sekitar 1.099 pertandingan.

Dengan meningkatnya jumlah anggota SSB dan banyaknya jumlah pertandingan, otomatis jam berlatih dan bertanding akan semakin meningkat pula, dan kondisi ini diharapkan akan menghasilkan kualitas para pemain yang lebih baik. Jika pola kompetisi kelompok umur secara berjenjang ini bisa dilaksanakan secara konsisten setiap tahunnya, maka harapan untuk menghasilkan para pemain muda yang berbakat serta berkualitas di masa-masa mendatang, adalah sebuah keniscayaan.

Liga Askot/ Askab sendiri merupakan jenjang kompetisi resmi yang paling minimum dalam organisasi PSSI, level selanjutnya adalah Asprov. Ditengah-tengah segala keterbatasan biaya yang ada, tentu saja kompetisi berjenjang ini idealnya harus tetap dijalankan. Hal ini mengingat, salah satu fungsi Askot/ Askab adalah mengoptimalkan kegiatan turnamen, festival, dan kompetisi Sepak Bola. Oleh karena itu, untuk menghasilkan kompetisi maupun turnamen Sepak Bola yang jauh lebih berkualitas, kolaborasi dengan pihak swasta adalah sebuah keharusan dan menjadi tidak  bisa terhindarkan! (Author: Yul)



SOCCERPEDIA.id - all things about soccer
(kanal berita kekinian dengan sudut pandang jaman now)

COMMENTS

Nama

1st Anniversary,1,2019 - Rick's Sayati Cup VI,11,2019 - Suratin Cup U17,2,2019 Global Yanggu Asian Youth Soccer Club Invitation Competition,6,2019 Youth Soccer Club Invitation Competition,2,2019 Youth Soccer Club Invitation Competition @Korea Selatan,1,2020 - BJB Jatinangor Piala Liga Anak Bandung,3,2020 - Haisi Youth Football Classic (China),3,2020 - Palembang Community League (PCL),5,2020 - Piala Kemerdekaan U14,6,2020 - Prioritas Mini Soccer Seth Sport PCL Cup,1,2020 - Samarinda Premier League,6,2020 - WFS Africa (Durban),4,2020 - WFS LIve,3,2020 - WFStartCup by GSIC,1,2020-Launching Jersey,1,2020-Summer Cup,1,2020-WFS Live,1,2020-WFS Live Powered by R9,5,a,1,AD Alcorcon,1,Adhytra Cipta Rahmadhana,1,Adidas,1,Aditya Adandi,1,AFC,2,AFC-U23,3,AFF Championship U18,1,AFF CUP U15,2,Agung Sedayu Group,1,AIA Elite Football,2,AIA100talents,1,Ajang Silaturahmi,1,Ajang Trofeo WYU,1,Akademi Persib,1,Akademi Persib Kuningan,1,Akademi PERSIB U-11,1,Akademi Sepak Bola,1,Akademi Sepak Bola Asiop,1,Ali Bagus,1,Alkanara FC,1,All Star PCL,1,All Things About Soccer,2,Allianz Explore Camp 2019,1,AllianzExplorerCamp2019,4,AllianzInsurance,1,Amerika Serikat,1,Andik Vermansah,1,Andika Ricky Santoso,1,Angkasa Pura II Fun Football,1,Arema,1,Arema FC,2,Arete Sepak Bola,1,Argentina,1,Armony,1,Armony Limited,1,Armony Sports,2,Arsenal FC,1,AS Roma,1,Asep Nugraha,3,Ash Hashim,1,Asia Football School,2,ASIOP Football Academy,2,Askot Jaksel (Liga Selatan),3,Askot Jaksel (Liga Selatan) U-18,2,Askot Jaksel,1,Ataque Elite Esports Squad (AEES),1,Ataque Soccer School,11,Atletico Madrid,1,Audisi Sepak Bola,1,Australia,1,Ayo Arena,1,Ayo Indonesia,6,Bacalon Pengurus PSSI 2019-2023,1,Bakom Selection FC,1,Baku Olympic Stadium,1,Bali United,2,Bambang Pamungkas,1,Bandung Genetic Football,1,Bandung Premier League,15,Bandung Premier League - Liga 2,8,Bandung Premier League - Season 4,3,Bandung Premier League - U16,2,Bandung Premier League - X17FC,5,Bandung Premier League Game Week 3,1,Bandung United,1,Bank BJB,1,Banten Football League (BFL),5,Barca Wonder Kid (Takefusa Kubo),1,Barito FC,9,Barito FC Pasir Bunut,18,Barli fC,3,Batalyon Arhanud 1 (BSD),1,Batavia Youth League,3,Bayern Munchen,1,Bayu Saptaji,1,BDG Genetic Football,1,Bebera Cup,2,Bedebah FC,1,Best Player of The Year EUFA - Virgil,1,Bhayangkara SFC,2,BJB Cup,1,BJB Soccer Festival 2022,1,Black Sweet,1,Blackburn Rovers,1,Bogor Champioj League,1,Bogor Champion League (BCL),1,Bola Al Rihla,1,BPIP,1,BPL Angels,1,Brawlers Apparel,5,Brawlers Boy FC,9,Brazil,1,Bromolathi (Pusat Studi Sepak Bola Nusantara),1,BungKus,1,BungKus-Mohamad Kusnaeni,1,BWS FC,1,Camp Saw FC,1,Carlos Melgares Varon,1,Casual FC,1,Champion League,3,Champion Women's World Cup 2019,1,Charlie Crawford,1,Chelsea,2,Chelsea FC,5,Chiliz - FC Barcelona,2,Christiano Ronaldo,1,Cifas FC,2,Cilamba FC,1,CISS-Soccer Skill,2,CISS-Soccerskill,4,Citra Raya Soccer Camp16,2,Closing Cereminy Liga Lapangbola,1,Club Barcelona,1,Coach Adi Suryadi,1,Coach Christian "Nacho" Pradipta,2,Coach Indra Safri,1,Coaches Across Continents (CAC),1,Coaching Clinic,2,Coaching Clinic EDF LaLiga Academy,1,Coaching Clinic Ucam-Ataque,1,Concave,1,Copa America,2,Copa Amerika,1,Copa Lapangbola,1,Copa Selatan,1,Coppa Bandung Family Football,4,CR7 vs Messi,1,Cristiano Ronaldo,1,Crystal Palace,1,Darmaraya Club,1,DCT-Indonesia (Kejurnas Sepak Bola) U-11,2,DCT-International Youth Football Tournament China,7,Dede Rony,1,Demas,1,Diaspora Tangerang Selatan,1,Diklat Sepak Bola Imran Soccer Academy,1,Dimas Drajat,1,DKRC Fusion,1,Dolphin FC,1,Doni Setiabudi,5,Duniapedia,45,E. Wiwi Martawijaya,1,Early Mahardika,1,Ebru Koksal,1,Eden Hazard,2,EDF LaLiga,2,Eintracht Frankfurt,1,English Duniapedia,1,English Premier League,5,Englishpedia,31,Erga Omnes FC,1,Erick Thohir,1,Esti Puji Lestari,2,EUFA Champion League,1,EUFA Europa League,1,EUFA Nation League,1,Ex. Daras FC,2,Expose Football Club,8,Fadly Idris,3,Famili Cup 5,2,Famili Cup U-20,3,Fans,1,FC Barcelona ($BAR) Fan Token,2,Febri Wardana,1,Festival Nasional ASSBI (U14),1,FIFA,4,FIFA World Cup U20 - Indonesia,2,Final,1,Final EUFA Europa League,1,Final Liga Ayo,1,Final Liga Ayo Bali 2019,1,Final Liga Ayo Tangerang,2,Final Nasional DCT Cup 2020,1,Final Nasional DCT-Indonesia U-11,1,Final Piala Presiden 2019,1,Firman Utina 15 Football Academy,1,Football For Peace,4,Football Industry,8,Football Opportunity,1,Football Summit Asia 2019,1,Football Technology,1,Forward Sports Events,1,Fourfeo,1,Fourfeo Patriot,1,Free Trial,1,Friendly Match,13,Friendly Match Trofeo Kemerdekaan,1,Fun Football,1,Fun Football & Training,1,Futbol Clinic,2,Futbolita.com,1,Futsal,3,Gagak Muda,1,Galados ITB,1,Garuda Muda,2,Garuda Soccer school,1,Garut Community Football League (GCFL) 2019/ 2020,1,Gathering 2019 - UCAM Indonesia Football Academy,1,GBK,1,Gianni Infantino,2,Go Public,1,Golazo League Championship 2019,1,GOR Sunter,1,Gothia Cup 2019,2,Gothia Cup China,3,GP Anshor,1,Grand Final Pertamax Liga Ayo,2,Grass Root,1,Grassroot Level,3,Grassroot Level Competition,3,Haisi Youth Football Classical,1,Harry Widjaja,1,Hermansyah,1,Honey Thaljieh,1,HUT RI 74 - Merdeka Cup 2019 7s,3,HUT RI 74 - Sepak Bola Merah Putih,1,HUT RI Ke-74,1,IDCT Cup 2020,1,IEFTL Season 2,1,IJL 2021/ 2022,1,IJL Musim 2022,1,IJL U11,1,Ikatan Alumni Teknik Unhas,1,Ikatan Mahasiswa Olahraga Indonesia (IMORI),5,Independen FC,1,Indonesia,2,Indonesia Junior League,1,Indonesia Junior League (IJL),27,Indonesia Muda Utara,1,Indonesia VS Malaysia,1,Indonesia VS Singapura,1,Indonesiapedia,120,Inrernational Woman's Day,1,International,9,International Champions Cup (ICC),1,International Friendly Match,1,Introduction,1,ISA,1,Jaino Matos,1,Javier Tebas,2,Jaya Bhakti FC,1,JCC E-Sports,2,JCICB. Copa Lapangbola,1,Jef United Jepang,1,Jerman,1,Jordan,1,Joseph Ferguson Simatupang,1,Jugador CF,1,Junior Berbakat,1,Junior Soccer Player,3,Jurgen Kloop,1,Kalibata FC,2,Kanal Berita,1,Kang Jalu,1,Kejora International Challenge 2020,1,Kekinian,1,Kemenpora,1,Khair Rifo,1,KJRI RI Guangzhou,1,Klubpedia,126,Komentator Sepak Bola,1,Kompas FC,1,Kompetisi Sepak Bola,1,Kongres FIFA ke-72,1,Kongres PSSI,2,Kuala Lumpur,3,Kuala Lumpur Cup,2,La Liga,3,La Liga Legends,1,Laga Ujicoba Sriwijaya FC,3,LaLiga,1,LaLiga Camps Madrid,1,LaLiga Youth Tournament,2,Lapangan Sepak Bola Lamping Cariang,1,Lapangbola.com,3,Laskar Barubeuanang,2,Launcing Jersey,1,LBFF,1,Liciouz FC,1,Lifeboys Football Club,1,Liga 1,2,Liga 1 - Samarinda Premier League,1,Liga 1 Shopee,1,Liga 2,1,Liga 3,1,Liga Amatir,1,Liga Anak Bandung,2,Liga Askot Jaksel (Liga Selatan),2,Liga Ayo,4,Liga Ayo 2019,3,Liga ayo Bali,1,Liga Ayo Jakarta,4,Liga Bandung Famili Football (LBFF),11,Liga Bandung Famili Football (LBFF) - Season 2,1,Liga Champion,1,Liga Darma,4,Liga Darma Kuningan,7,Liga Desa Nusantara 2019,1,Liga Eropa di Bosnia,1,Liga Komunitas,1,Liga Lapangbola,18,Liga Lapangbola Season 2,12,Liga Lapangbolaa,1,Liga Selatan U-13 (Divisi II),1,Liga Semi-Profesional BPL,1,Liga TopSkor,1,Ligapedia,130,Lionel Messi,2,Lionel Scaloni,1,Lions Soccer Academy,1,Liverpool,6,Lutfi Zulkifli,1,Luthfi,1,Lyon,1,M'Private Soccer School,1,Madiun,1,Madura United FC,1,Malaysia,3,Manajemen Kompetisi (MK),1,Manchester City,1,Martin Gaston Demichelis,1,Mayang Putra,2,Mbappe,1,Medan Premier League,4,Mega Kuningan FC,1,Merdeka Cup 2019 7s,1,Metro Kukusan,1,Michael Jantzen,1,Miguel Angel Gil,1,Mobile Photography,1,Mohamad Kusnaeni,2,MOSC,1,Motokuyjek,1,MOU PP Muhammadiyah dan Uni Papua FC,1,MoU UCAM Indonesia Football Academy - Santomera C. F.,1,Muhammadiyah,1,Mulyadi,1,NAC Fenix,2,NAC Fenix Football Academy,2,NAC Strata Asia,4,National,7,NBC Larsel,1,New Stadium,1,News,1,North Blue FC,1,Opening Ceremony,2,ORPHYS,1,Padang,1,Padang Development Cup,6,Padang Development League (PDL),1,Padang Tourism Cup,1,Palembang Community League (PCL),2,Partnership,1,Pasundan FC,1,Pegiat Olahraga Cedera,1,Pembinaan Usia Dini,1,Persebaya,2,Persema Malanggetan,1,Persigul FC Gunung Luhur,1,Persigul Gunung Luhur,4,Persija Barat FC,6,Persija FC,1,Persija Glory 2001,2,Persija Jakarta,1,Persijap Jepara,2,Pertamax Liga Ayo Jakarta,2,Pertamax Liga Ayo Mini Football Tangerang 2019,1,Piala Bupati Lampung Selatan,2,Piala Dunia U17 2023,1,Piala Dunia U20 2023,1,Piala Gubernur Jabar,1,Piala Indonesia 2019,1,Piala Menpora 2021,1,Piala Presiden,2,Piala Presiden 2019,1,Piala Suzuki AFF 2020 Singapura,1,Portas FC,1,Portugal,1,Prelaunch,1,Prima Soccer School,1,Profilpedia,29,PS Barito Putera,1,PSAD Brawijaya,1,PSG,1,PSG Pati,1,PSMS Medan U-14,2,PSPG,1,PSS Sleman,1,PSSI,6,Putra Bangsa FC Cirendang,1,Putra Bengawan,1,Putra Sinar Giri,1,Quiz Ramadhan,1,Rahmatullah,1,Raksa Manggala FC,1,Real Madrid,2,Referee,1,Rezza M. Lubis,7,Rezza Mahaputra Lubis,1,Rizal Moniegan,1,RMC Salawasna FC,2,Roma Club Indonesia (RCI) Bogor,4,Ronaldo,1,Royal City FC,1,RS Mitra Keluarga Cibubur,1,Rudial Fahmi,1,Rudy Eka Priyambada,1,Safin Pati Football Academy (SPFA),4,Said Kosim,1,Saiful Arifin,1,Saint Prima,1,Sambill Park,1,Segunda Division,1,Sekolah Sepak Bola,2,Seleksi Timnas U16,2,Seleksi Timnas U19,1,Seleksi U14,1,Seleksi U16,1,Sepak Bola,2,Sepak Bola Amatir,71,Sepak Bola Grassroot,2,Sepak Bola Grassroots,16,Sepak Bola Pancasila,1,Sepak Bola Profesional,1,Sepak Bola Putri,1,Sepak Bola Usia Dini,1,Sepak Bola Wanita,3,Sepakbola Amatir,7,Shin Tae-yong,1,Simson Rumahpasal,1,Singapura,1,Soccer Player,4,Soccerpedia,18,SOCCERPEDIA.store,1,Socios.com,2,Soft Opening NAC Fenix,1,Sompo,1,Sompo Women's Football Coaching Clinic,1,Sport Tourism,1,Sriwijaya FC,1,SSB,2,SSB Angkasa Husein Bandung,3,SSB Darma Sakti,4,SSB Garuda Junior,1,SSB Mahesa United,1,SSB Rick's Sayati,4,SSB Surya Bakti,1,SSB Turangga Sakti,1,SSB Undip,1,SSB World Young United,1,SSP Putra Sejati,1,Stadion Kanjuruhan Malang,1,Subur FC,2,Suratin Cup 2021,1,Syaiful Arifin,1,Talent Squad,1,Tangerang Premier League (TPL),1,Taufik Jursal Effendi,4,Thailand,1,Tia Herfiana,1,Tim Pelajar U16 Indonesia,1,Timnas Argentina,1,Timnas Brunei,1,Timnas Indonesia,5,Timnas Indonesia U15,2,Timnas Indonesia U18,1,Timnas Pelajar Indonesia,7,Timnas Pelajar U-15,1,Timnas U16,1,Torneo Kemerdekaan,1,Tottenham Hotspour,2,Tottenham Hotspur,4,Transfer,1,Transfer Pemain,2,Transfer Window,1,Triyanta,1,Trofeo Cup Duduluran,1,Trofeo Cup Galapuri,1,Trofeo Cup Jakarta,1,Trofeo IJL,1,Trofeo RMC,1,Try Joko Susilo,2,Tunas Rifo,1,U-12,1,U12,1,UCAM Futbol Clinic,3,UCAM Indonesia Football Academy,28,UCAM Indonesia Football Academy U-12,5,UCAM Indonesia Football Academy U-18,1,UEFA Europa League,2,Unge,1,Uni Papua,2,Uni Papua FC,9,United Cup,2,Universitas Negeri Semarang (UNESA),1,USA,1,Vamos Indonesia,1,Vanuatu,1,Venezuela,1,Vietnam,1,Wanacala FC,1,Wanasaba FC,1,Warta Kota,1,Washiyatul Akmal,1,Wasit,1,Welcome FC,2,WFS Asia,8,WFS Europe,2,WFS Europe 2021,1,WFS Industry Awards,1,WFS Live,3,WFS Live Powered by R9,1,WFStartCup,2,Where The Football Industries Meets,4,White Heart lane,1,Willy Preman Pensiun,1,Woman Futsal UPI,1,Woman in Football Industry,2,Women Football Network,1,Women in Football,1,Women's World Cup 2019,2,World Cup 2022 Qatar,2,World Cup 2034,1,World Football Summit,11,World Football Summit Asia 2019,5,World Young United (WYU),12,www.asiaunitedfc.com,1,X-BE FC,1,X-Man Kuningan FC,1,X17 FC,7,X17FC,3,Yepe Family FC,3,Yepe Family FV,1,Young Warrior,1,Young Warrior Football Academy,1,Youth Players J-League,1,Yulyanto,1,Zaman Now,1,Zenith Apparel,1,Zidane,1,Zuchli Imran Putra (ZIP),1,
ltr
item
SOCCERPEDIA.id: Try Joko Susilo: "Liga Selatan 2020 di Era New-Normal, Sulit di Lanjutkan!"
Try Joko Susilo: "Liga Selatan 2020 di Era New-Normal, Sulit di Lanjutkan!"
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhMPoB0IMcGJRWCL_-A0FFMawt1gk2SXjvO9IV_beizKtqAVtK9Y8HOuSFTMfpT5KjyQdh_e8mZ0fEkFt0GzHPRKZEVT-i1fpRl0WfBxmoOBEGM9zwqx0p0B6bMrfrAw7bjBtKvcTMV4PI/s320/Screenshot_20200613-181051_WhatsApp.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhMPoB0IMcGJRWCL_-A0FFMawt1gk2SXjvO9IV_beizKtqAVtK9Y8HOuSFTMfpT5KjyQdh_e8mZ0fEkFt0GzHPRKZEVT-i1fpRl0WfBxmoOBEGM9zwqx0p0B6bMrfrAw7bjBtKvcTMV4PI/s72-c/Screenshot_20200613-181051_WhatsApp.jpg
SOCCERPEDIA.id
https://www.soccerpedia.id/2020/06/try-joko-susilo-liga-selatan-2020-di.html
https://www.soccerpedia.id/
https://www.soccerpedia.id/
https://www.soccerpedia.id/2020/06/try-joko-susilo-liga-selatan-2020-di.html
true
7491843711879331828
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy