Englishpedia

Footer Pages

Selasa, 07 Mei 2019

Kesulitan Mencari Lawan Tanding Sepak Bola Amatir? “Ayo Indonesia” Jawabnya!

Source: ayo.co.id

Pertumbuhan revolusi industry 4.0 saat ini terutama dalam bidang digital, semakin mempermudah cara hidup, serta secara perlahan tapi pasti mulai merubah budaya hidup yang selama ini telah kita lakukan secara turun temurun.

Kecanggihan dunia digital saat ini, membawa perubahan hidup yang sangat signifikan terhadap para penggagasnya, kita lihat saja perusahaan-perusahaan startup di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Gojek, dan lainnya. Mereka tumbuh dan berkembang dengan pesat karena memanfaatkan kecanggihan teknologi digital, lalu mengaplikasikannya untuk memberikan solusi serta kemudahan bagi masyarakat Indonesia.

Dari mulai sewa ruko sempit hingga berkantor digedung-gedung mewah ibukota dikawasan elit, mereka tumbuh dan berkembang dengan sangat cepat, bahkan nilai kapitalisasi pasarnya saat ini berhasil melibas perusahaan-perusahaan elit konvensional yang berjuang mati-matian untuk bertahan ditengah - tengah gempuran pertumbuhan revolusi industry 4.0 saat ini.

Prototype atau contoh keberhasilan perusahaan-perusahaan startup lokal yang sudah terbukti seperti Tokopedia, Gojek, Bukalapak dan lain sebagainya, membawa banyak inspirasi juga kepada anak-anak muda kaum milenial di Indonesia yang ternyata mulai mengikuti jejak keberhasilan para pendahulunya tersebut.

Dalam football industry misalnya, sudah mulai banyak bermunculan aplikasi-aplikasi dari perusahaan-perusahaan startup baru yang menyajikan ide dan konsep yang cukup menarik dengan menjawab beberapa permasalahan konvensional yang saat ini seringkali kita temukan dan masih banyak terjadi di Indonesia, khususnya dikalangan para penggila sepak bola.

Selain Lapangbola.com yang pernah kita turunkan beritanya dalam artikel news & media channel SOCCERPEDIA.id, ada satu lagi perusahaan startup yang ternyata malah sudah lebih dulu berdiri dengan mengumpulkan database komunitas klub sepak bola ditanah air, yaitu Ayo Indonesia (ayo.co.id). Siapa dan bagaimana Ayo Indonesia ini beraktivitas, SOCCERPEDIA.id menyajikan berita update serta sesi interview-nya dengan Co-founder sekaligus CEO nya untuk memberikan inspirasi bagi kalian semuanya, kalangan anak muda milenial zaman now!...

Saat bertatap muka untuk melakukan sesi interview dengan Samuel Hadeli Lie selaku Chief Operating Officer (CEO) merangkap Co-founder dari Ayo Indonesia disela-sela business networking @exhibition area World Football Summit (WFS) Asia, SOCCERPEDIA.id melakukan wawancara singkat terhadap Samuel yang masih sangat muda ini, untuk mengetahui lebih mendalam tentang perusahaan startup yang digagasnya tersebut.

Samuel mulai bercerita, “Ayo Indonesia kita dirikan pada bulan Juni 2016, dimulai melalui account instagram. Kita mulai kontak satu per satu klub/ tim sepak bola, lalu meminta logo mereka untuk kita masukan dalam account instagram kita, sehingga mulai ada awareness bagi kita semua dan mengetahui klub-klub apa saja sih yang saat ini sudah ada di Jakarta”.

Samuel yang saat ini masih aktif bermain bola setiap minggunya, melanjutkan “Saya dan teman-tema merasa kesulitan untuk menemukan lawan main pertandingan sepak bola amatir di Jakarta. Kita merasa sangat bosan, hanya bertanding dengan melawan tim yang itu-itu saja karena seringnya bermain dilapangan yang sama. Dari account Instagram itu makin lama makin banyak tim yang registrasi ke kita, lalu kita masukan juga jadwal sparring berikut lokasi main setiap tim yang sudah teregistrasi, jadi kita mempertemukan setiap tim yang ingin bertanding dengan tim lain yang juga sudah teregistrasi dalam account instagram kita”.

Berjalan dengan waktu makin banyak member yang registrasi, mulai dari mulut ke mulut, melalui social media, melalui what apps group, hingga akhirnya Samuel membuat website khusus untuk mengakomodir banyaknya peminat sparring partner yang dijalankannya. “Mereka daftar melalui website kami di ayo.co.id per individu, lalu create tim, dan bisa sekaligus menjadi admin timnya dan otomatis juga teman-teman satu teamnya akan masuk ke dalam platform yang kita sediakan tersebut. Saat ini pendaftaran masih melalui system web base, tapi kedepan kami sedang persiapkan agar bisa di akses dengan menggunakan mobile apps juga”, terangnya.

“Untuk wilayah Jabodetabek jumlah membernya sudah cukup stabil, Ayo Indonesia saat ini baik yang registrasi melalui account instagram maupun melalui website telah memiliki hampir 2.000 member tim sepak bola yang terdaftar. Lebih dari 1.000 member tim diantaranya saat ini sudah mulai dipindahkan ke website dan hampir 50% dari tim-tim tersebut, aktif melakukan friendly match, dan dari 50% yang aktif bertanding tersebut, 70% nya melakukan pertandingan ulang. Jadi sudah tidak kesulitan kita untuk mencari lawan main karena setiap minggu bisa ada sekitar 20 sampai 30 pertandingan yang terlaksana melalui Ayo Indonesia”. Ujar Samuel.

Tujuan atau target yang ditetapkan oleh Samuel dalam mendirikan Ayo Indonesia sebenarnya sangat sederhana dan merupakan cita-cita kita semua para penggemar sepak bola. “Tujuan besar kita ingin membuat sepak bola di Indonesia lebih baik!”. Samuel menambahkan, “Meskipun saat ini boleh dibilang rata-rata pemain tim amatir kita berumur sekitar 20 tahunan, namun platform yang kita bangun ini sangat terbuka juga untuk para pemain atau klub-klub junior yang berada pada level grass root, sehingga dengan seringnya melakukan pertandingan diharapkan mereka bisa lebih terlatih dan lebih berpeluang untuk masuk kedalam klub-klub professional di Indonesia”.

Menyinggung soal pendapatan atau penghasilan utama platfom yang dibangunnya, Samuel menjelaskan: “Sejak awal berdiri, Ayo Indonesia telah membuat liga sepak bola yang dibefi nama “Liga Ayo”, yang operasionalnya dibiayai oleh para sponsor. Kami memberikan kebebasan bagi para sponsor untuk menentukan content atau branding strategy perusahaannya saat bekerjasama dengan Ayo Indonesia”.


Saat ini Ayo Indonesia masih melakukan business networking dengan beberapa partner potensial untuk melakukan kolaborasi dalam rangka menjalankan konsep kerjasama yang bisa sama-sama saling menguntungkan, seperti di antaranya adalah penjajakan kerjasama dengan Lapangbola.com.

 by SOCCERPEDIA.id

Sementara itu, menanggapi acara WFS Asia sendiri dan maraknya klub sepak bola Eropa yang mulai masuk ke pasar asia, Samuel tidak merasa khawatir dan menilai sangat positif bagi perkembangan sepak bola di Asia terutama di Indonesia, “tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkan peluang-peluang yang ada saat ini dengan kehadiran mereka di Asia”.

Di akhir interview dengan SOCCERPEDIA.id, Samuel yang ternyata merupakan penggemar berat klub Manchester United (MU) ini, menyampaikan harapannya terhadap sepak bola Indonesia. “Ayo Indonesia berharap bisa membantu sepak bola Indonesia menjadi lebih mudah diakses oleh semua masyarakat. Kita ingin membuat sepak bola lebih attractive bagi orang-orang yang masih ragu mau main atau tidak. Keberadaan Ayo Indonesia pastinya akan meningkatkan jumlah partisipasi para pemain sepak bola, dan pada akhirnya akan lebih banyak lagi bakat-bakat yang terlihat , sementara untuk urusan development yang lebih serius lagi, kita serahkan ke lembaga yang lebih professional”, ujarnya menutup pembicaraan.

So, buat kalian yang sudah memiliki tim sepak bola dan kepingin mencari lawan tanding dengan banyak pilihan, silahkan daftar menjadi member Ayo Indonesia, kalian hanya tinggal buka website mereka yang memiliki tampilan sangat simple sekali, lalu langsung registrasi secara pribadi untuk mewakili sebagai admin tim sepak bola kalian, lalu invite teman-teman satu tim kalian, tentukan jadwal dan mulai bertanding deh!“as simple as that!”.

SOCCERPEDIA.id – all things about soccer
(kanal berita kekinian dengan sudut pandang jaman now)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar